Rabu, 05 November 2008

uts mpg

UJIAN TENGAH SEMESTER

MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Nama : Pratiwi Istiwigati

Nim : 0700243

Kode Soal : 005

Geografi 2007

Soal-soal dan Jawaban

1. Jelaskan perbedaan teori john dewey dan skinner dalam mengembangkan teknologi pengajaran !

Jawaban:

Menurut john dewey : John dewey menggunakan metode reflektif, yaitu suatu proses berpikir aktif, hati-hati, yang dilandasi proses berpikir ke arah kesimpulan –kesimpulan yang definitif melalui lima langkah:
1) Siswa mengenali masalah, masalah itu datang dari luar diri siswa itu sendiri.
2) Selanjutnya siswa akan menyelidiki dan menganalisa kesulitannya dan menentukan masalah yang dihadapinya.
3) Lalu dia menghubungkan uraian-uraian hasil analisisnya itu atau satu sama lain, dan mengumpulkan berbagai kemungkinan guna memecahkan masalah tersebut. Dalam bertindak ia dipimpin oleh pengalamannya sendiri.
4) Kemudian ia menimbang kemungkinan jawaban atau hipotesis dengan akibatnya masing-masing.
5) Selajutnya ia mencoba mempraktekkan salah satu kemungkinan pemecahan yang dipandangnya terbaik

Hasilnya akan membuktikan betul-tidaknya pemecahan masalah itu

Bilamana pemecahan masalah itu salah atau kurang tepat, maka akan di cobanya kemungkinan yang lain sampai ditemuka pemecahan masalah yang tepat. Pemecahan masalah itulah yang benar, yaitu yang berguna untuk hidup.
Namun langkah-langkah ini tidak dipandang secara kaku dan mekanistis, artinya tidak mutlak harus mengikuti urutan seperti itu. Siswa bisa bergerak bolak-balik, antara masalah dan hipotesis ke arah pembuktian, ke arah kesimpulan dalam batas-batas aturan yang bervariasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan instruksional ini mirip dengan suatu penelitian ilmiah di mana suatu hipotesis dapat diuji dan dirumuskan. Selanjutnya Dewey menganjurkan agar bentuk isi pelajaran hendaknya dimulai dari pengalaman siswa dan berakhir pada pola struktur mata pelajaran. Dengan demikian jelas betapa pentingnya makna bekerja, karena bekerja memberikan pengalaman dan pengalaman memimpin orang berpikir sehingga dapat bertindak bijaksana dan benar. Pengalaman itu mempengaruhi budi pekerti. Ada pengalaman positif dan ada pengalaman negatif. Pengalaman yang positf adalah pengalaman yang benar, sebab faedahnya dapat diterapkan di dalam kehidupan. Sebaliknya, pengalaman negatif adalah pengalaman yang salah, merugikan atau menghambat kehidupan dan tak perlu dipakai lagi.

Menurut skinner : Tokoh behavioris dengan pendekatan model instruksi langsung (directed instruction ) & menyakini bahwa perilaku dikontrol melalui proses operant conditioning yang berkebangsaan Amerika. Gaya mengajar guru dilakukan secara searah & dikontrol melalui pengulangan (drill) & latihan (exercise). Manajemen kelas menurut Skinner :berupa usaha untuk memodifikasi perilaku (behavior modification ) antara lain dengan proses penguatan (reinforcement) yaitu memberi penghargaan pada perilaku yang diinginkan & tidak memberi ingatan apa pun pada perilaku yang tidak tepat. Skinner menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan (reinforcement) maksudnya pengetahuan yang terbentuk melalui ingatan stimulus- respon akan semakin kuat apabila diberi penguatan Skinner membagi penguatan menjadi 2 yaitu penguatan positif & penguatan negative. Bntuk –bentuk penguatan positif :hadiah, permen, kado, makanan,perilaku (senyum, menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol)\ penghargaan. Bentuk –bentuk penguatan negative menunda\tidak memberi penghargaan, memberikan tugas tambahan /menunjukkan perilaku tidak senang Beberapa prinsip belajar Skinner:
1.Hasil belajar harus segera diberitahukan pada siswa ,jika salah dibetulkan jika benar diberi penguat
2.Proses belajar harus mengikuti irama dari yang belajar
3.Materi pelajaran digunakan system modul
4.Dalam proses pembelajaran lebih dipentingkan aktivitas sendiri
5.Dalam proses pembelajaran tidak digunakan hukuman. Untuk ini lingkungan perlu diubah untuk menghindari adanya hukuman
6.Tingkah laku yang diinginkan pendidik, diberi hadiah & hadiah diberikan dengan digunakannya jadwal variable rasio reinforcer
7.Dalam pembelajaran digunakan shaping
Beberapa kekeliruan dalam penerapan teori Skinner :penggunaan hukuman sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan siswa & sebagai hukumannya anak merasakan sendiri konsekuensinya dari perbuatannya. Kesalahan dalam penguatan positif terjadi dalam situasi pendidikan seperti penggunaan rangking juara dikelas yangmengharuskan anak menguasai semua mata pelajaran.

2. Jelaskan tiga landasan teknologi pengajaran/ pendidikan yang anda ketahui !

Jawaban:

  1. Landasan Filsafat
    Tujuannya adalah untuk memperoleh pembenaraan sebagai suatu disiplin pengetahuan terapan yang berdiri sendiri.
    Landasan filsafat dibagi menjadi 3 yaitu;
    1. Ontologi, yaitu apa hakekat gejala yang dikaji
    Misalnya obyek formalnya “BELAJAR” , karena belajar merupakan hak semua orang berlangsung sepanjang hayat, mengenai apa,dari siapa, bagaiamana saja. Kesempatan belajar terbatas, Sumber tradisional makin terbatas, Sumber yang ada dan potensial belum didayagunakan. Oleh karena itu perlu usaha khusus perlu pengelolaan yang inovatif Reformatif.
    2. Epistemologi, yaitu bagaimana cara mengkajinya, mencakup :
    • Isomeristik merupakan penggabungan berbagai disiplin menjadi kebulatan tersendiri
    • Sistematik, yang berurutan, terencana dan terarah
    • Sinergistik, mempunyai nilai tambah
    • Sistemik, yang menyeluruh / holistic
    • Inovatif, adanya perubahan / pembaharuan
    • Integratif, terjalin dalam semua bidang

    3. Aksiologi yaitu apa nilai / manfaat pengkajian yang bisa diaplikasikan dalam beberapa hal , antara lain :
    • Peningkatan mutu pendidikan (menarik, efektif, efisien, relevan)
    • Penyempurnaan system Pendidikan
    • Meluas dan meratnya kesempatan serta akses pendidikan
    • Penyesuaian dengan kondisi pembelajaran
    • Penyelarasan dengan perkembangan lingkungan
    • Peningkatan partisipasi masyarakat

    B. Landasan Pendidikan
    Landasan pendidikan mencakup Konsep, Prinsip, Prosedur dan Kebijakan Pendidikan. Semua itu dapat diwujudkan antara lain dengan :
    1. Usaha sadar dan terencana.
    2. Terwujudnya suasana belajar dan proses pembelajaran
    3. Berkembangnya potensi peserta didik untuk memiliki serangkaian kompetensi
    4. Sistem terbuka dan multimakna
    5. Proses pembudayaan dan pemberdayaan berlangsung sepanjang hayat

    C. Landasan Psikologi
    Landasan Psikologi mencakup :
    1. Psikologi umum (intelegensi, motivasi, persepsi, minat, dsb)
    2. Psikologi Terapan :
    • Psikologi Pendidikan
    • Psikologi Belajar
    • Psikologi massa
    • Psikologi komunikasi

3. Apa yang di maksud dengan resources by design dan resources by utilization dalam system sumber pengajaran?

Jawaban:

  1. Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design), yakni sumber belajar yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
  2. Sumber belajar yang dimanfaatkan(learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya dapat ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

4. Sebutkan dan jelaskan 6 sumber belajar yang anda ketahui !

Jawaban:

Secara garis besarnya, terdapat dua jenis sumber belajar yaitu:

  1. Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design), yakni sumber belajar yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
  2. Sumber belajar yang dimanfaatkan(learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya dapat ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

Dari kedua macam sumber belajar, sumber-sumber belajar dapat berbentuk:

(1) pesan: informasi, bahan ajar; cerita rakyat, dongeng, hikayat, dan sebagainya

(2) orang: guru, instruktur, siswa, ahli, nara sumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier dan sebagainya;

(3) bahan: buku, transparansi, film, slides, gambar, grafik yang dirancang untuk pembelajaran, relief, candi, arca, komik, dan sebagainya;

(4) alat/ perlengkapan: perangkat keras, komputer, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan sebagainya;

(5) pendekatan/ metode/ teknik: disikusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talk shaw dan sejenisnya; dan

(6) lingkungan: ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun, pasar, toko, museum, kantor dan sebagainya.

  1. Sebutkan factor-faktor yang berpengaruh kepada keberadaan sumber belajar !

Jawaban:

factor-faktor tersebut penting, karena sumber belajar itu dapat:

  1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan (b) mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.
  2. Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
  3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
  4. Lebih memantapkan pembelajaran, dengan jalan: (a) meningkatkan kemampuan sumber belajar; (b) penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit.
  5. Memungkinkan belajar secara seketika, yaitu: (a) mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit; (b) memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung.
  6. Memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus batas geografis.

  1. Buatlah bagan yang menerangkan pemanfaatan media dalam proses pembelajaran yang optimal !

Jawaban:

  1. Jelaskan keuntungan dan kelemahan pemanfaatan media audiovisual di dalam kelas!

Jawaban:

Kelebihannya:
1. Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
2. Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
3. Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
4. Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak.
5. Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
6. membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
7. menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
8. menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang

Kelemahannya:
1. Biaya relative mahal untuk tahap awal
2. Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
3. Belum memadainya perhatian dari pemerintah
4. Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

  1. sebutkan media yang cocok untuk menerangkan siklus air?

Jawaban:

Media yang cocok adalah media visual yaitu menggunakan grafik dan yang lainnya. Dengan media ini kita dapat membuat suatu siklus tentang air, sehingga siswa mudah memahami dengan materi yang di sampaikan.

Atau bias juga menggunakan media yang lebih moderen seperti sekarang. Misalnya seperti menerangkan dengan menggunakan flash, tentunya dengan membuat bagan-bagan yang mudah di mengerti dan di pahami siswa.

Tidak ada komentar: